Senin, 23 November 2009

Manfaat Buah Pisang

Pisang hampir tidak mengandung natrium dan mengandung serat yang sama banyaknya dengan dua iris roti gandum lengkap. Pisang juga mengandnung sejumlah nutrien (gizi) yang penting yang membantu menstabilkan saluran gastrointestinal. Penelitian menunjukkan bahwa pisang membantu membersihkan sisa metabolisme dari ginjal dan organ penting lainnya. Pisang juga sangat berguna untuk memberikan energi bagi orang lanjut usia. Pisang harus dimakan saat masak untuk mendapatkan manfaat yang maksimum.

Manfaat buah pisang bagi kesehatan adalah :
  1. Mencegah dan menyembuhkan tukak lambung
  2. Menurunkan tekanan darah
  3. Menurunkan kolesterol
  4. Menghilangkan PMS (premenstrual syndrome)
Pisang merupakan pencegah yang baik terhadap tukak lambung. Pisang dapat mempercepat penyembuhan tukak yang telah ada. Menurut penelitian di Inggris dan India, Pisang terbukti menyaingi obat penyembuh tukak yang canggih tetapi tanpa menimbulkan efek samping. Pisang memperkuat sel-sel permukaan lambung, sehingga menahan dinding lambung dari pengaruh asam pencernaan dan pepsin yang menjadi penyebab utama tukak lambung.

Obat tekanan darah tinggi dapat menurunkan kadar kalium sampai tingkat yang berbahaya, oleh karena itu dianjurkan sambil mengkonsumsi pisang yang kaya akan kalium. Kalium sendiri berperan langsung dalam mengendalikan tekanan darah.

Kadungan serat dalam pisang juga baik untuk jantung karena membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Pisang mengandung lebih banyak pektin dibanding apel yang juga penurun kolesterol. Selain itu, pisang kaya akan vitamin C dan B6 yang sangat berguna bagi penderita PMS.


Lihat pula :
Manfaat Buah Apel

Tidak ada komentar:

Beautiful Animals