Jumat, 27 November 2009

Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan

Buah jeruk atau juga grapefruit merupakan pelawan lemak yang kuat. Jeruk juga terkenal mengandung vitamin C yang dapat menghilangkan lemak yang menempel dalam sel tubuh.

Secara umum, manfaat buah jeruk bagi kesehatan adalah :
  • Menurunkan resiko beberapa jenis kanker, terutama kanker lambung dan pankreas.
  • Melawan virus tertentu
  • Menurunkan kolesterol darah
  • Melindungi arteri dari penyakit.
Jeruk penuh dengan pektin sebagai penurun kolesterol selain kandungan vitamin C nya. Hal ini disebandingkan dengan cholestyramine, yaitu obat penurun kolesterol DR. James Cerda dari University of Florida. Selain itu juga terdapat asam galakturonat yang hanya ditemukan pada jeruk yang dapat melarutkan plak lemak yang menempel pada arteri dan membuangnya dari tubuh. Lebih lanjut dikatakannya pula bahwa jeruk mempunyai peran penting dalam memulihkan arteri yang menyempit dan tersumbat, serta memulihkan aterosklerosis (penebalan dinding arteri).


Jeruk merupakan sumber vitamin C yang melimpah yang diperluka untuk kesehatan gusi, gigi, tulang dan otot. Selain itu, vitamin C juga dikenal sebagai pencegah penyakit kanker, terutama kanker esofagus dan pankreas, dengan menghambat efek karsinogen kuat yang dikenal sebagai nitrosoamin. Pektin yang terkandung dalam kulit dan membran buah jeruk juga dikenal sebagai zat peluruh kolesterol. Penemuan ilmuwan Florida juga menjelaskan bahwa terdapat senyawa antivirus dalam jus jeruk yang dapat menghilangkan gejala respirasi akibat campak Jerman (rubella) dan meningkatkan jumlah antibodi pelawan rubella.



Tidak ada komentar:

Beautiful Animals