Senin, 08 Februari 2010

Memulai Bisnis Online

Anda tertarik untuk memulai bisnis online atau istilah umumnya internet marketing ? Siap dengan segala resikonya ? Satu hal yang ingin saya ingatkan untuk memulai bisnis online, TIDAK ADA KEKAYAAN INSTAN KECUALI MENANG UNDIAN, YANG ADA ADALAH USAHA DAN KERJA KERAS.

Seperti anda juga, saya tertarik mulai belajar bisnis online karena melihat kehebatan iklan yang menawarkan kemudahan mendapatkan uang tanpa kerja keras, cukup meluangkan waktu 1 - 2 jam di depan komputer dengan koneksi internet. Potensi mendapatkan puluhan juta rupiah sebulan dengan hanya kerja 2 jam sehari. Bayangkan ! Siapa yang tidak tertarik dengan penghasilan sebesar itu ? Saya belasan tahun kerja di proyek, penghasilan masih jauh dari angka puluhan juta !

Saya mulai dengan mengikuti satu program bisnis, dengan membeli produk kumpulan ebook seharga Rp. 250-ribu. Apa yang harus saya lakukan ? Menjual kembali produk tersebut seharga yang sama dengan komisi 50%, artinya kalau saya menadapatkan 2 orang pembeli saja, modal saya sudah impas. Dalam skema bisnisnya, saya akan mendapatkan komisi 50% dari downline langsung member saya dan 10% dari downline selanjutnya sampai level 5. Apa lacur, produk ebook ternyata sudah terlalu banyak ditawarkan orang, sehingga saya tidak mendapatkan 1 orangpun pembeli, apalagi waktu itu saya masih awam dalam dunia promosi online.

Kemudian saya mulai menggali informasi lebih banyak tentang dunia bisnis online. Ternyata banyak sekali lika-likunya, sampai saya bingung dan mulai pesimis. Kemudian saya mencoba daftar (sign up) di salah satu situs yang menawarkan kursus gratis, saya mendapatkan ilmu yang cukup berharga, walaupun yang saya dapatkan hanya ilmu yang paling dasar. Saya juga kemudian membeli produk ebook yang mengungkap bagaimana mengelola sebuah blog hingga bisa menghasilkan uang. Motivasi saya waktu itu adalah untuk menggali pengetahuan sebanyak-banyaknya mengenai online business. Setelah saya beli, selain saya pelajari, saya coba juga untuk memasarkannya. Lagi-lagi penjualan saya nihil, karena banyak sekali orang yang menjual produk yang sama.

Akhirnya saya berkonsentrasi pada pengelolaan blog yang sebagian besar mengacu pada ebook yang saya beli tersebut (RAHASIA BLOGGING, silahkan klik disini kalau anda berminat) dan ilmu dasar dari kursus gratis Ane Ahira. Setelah mulai aktif mengelola blog dan mencoba mendaftar ke beberapa situs online business yang menawarkan keanggotaan gratis, account yahoo saya mulai dibanjiri dengan kiriman email, terutama dari luar negeri yang menawarkan berbagai skema bisnis online. Saya mulai bingung, yang mana yang bisa saya percaya untuk dikembangkan sebagai bisnis saya. Apalagi saya hampir tidak punya modal sedikitpun untuk secara serius menjalankan program tawaran tersebut. Saya selalu ingat "wejangan" ilmu yang saya dapatkan "mulailah dengan 1 atau 2 skema bisnis saja secara serius sampai bisa menghasilkan uang agar tidak membingungkan". Tapi rasa penasaran saya tidak bisa saya bendung, saya tetap mencoba mempelajari berbagai skema, hingga sampai saat ini belum ada bisnis saya yang menghasilkan uang sebanyak yang dijanjikan dalampromosinya.

Apabila anda mulai mengikuti sebuah skema bisnis online, anda akan disuguhi berbagai testimonial keberhasilan dari beberapa member sukses. Jangan terjebak, karena menjalankan bisnis online tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tanamkan motivasi kerja keras dengan mempelajari lika likunya. Dan jangan heran kalau anda akan mengalami kekecewaan demi kekecewaan. Online berarti maya, maya berarti samar, sulit untuk diprediksi. Kita hanya bisa mencoba terus dan menunggu hasilnya. Pengalamanlah yang nantinya menjadi penentu keberhasilan. Mau tahu rahasia sukses para pebisnis online ? Mereka menjadi orang sukses dengan kerja keras selama 2 tahun !

Baiklah, inilah "rahasia kegagalan" saya dalam bisnis online. Orang lain bercerita kesuksesannya, saya berbicara kegagalan saya sampai saat ini.

Untuk memulai binis online, beberapa hal yang penting sebagai penunjang adalah :
  1. Siapkan akases internet dengan kecepatan cukup dan biaya murah (saya saat ini menggunakan speedy paket family dengan quota unlimited sebesar 215 ribu perbulan, mungkin paket ini baru tersedia di beberapa kota besar saja) karena anda akan menghabiskan banyak waktu untuk akses internet di depan komputer sesuai waktu luang yang anda punya (ada teman saya yang menghabiskan dana internet 1 juta perbulan karena meggunakan sistem berdasarkan perkilobyte, saya membayar rata-rata 400 ribu sebulan dengan sistem time base).
  2. Kenali secara baik dunia internet, terutama bagaimana melakukan browsing yang baik mengunakan google search.
  3. Anda harus punya kartu kredit karena sistem pembayaran kebanyakan bisnis online menggunakan akses kartu kredit.
  4. Buka rekening di Paypal (gratis ! klik saja disini https://www.paypal.com/id/mrb/pal=USJF5ELTXRF32)
Kemudian, mulailah mengelola sebuah blog, sebagai landing page promosi produk-produk yang akan dipasarkan. Langkah apa yang harus diambil untuk memulai blogging ?
  1. Saran pertama saya adalah membeli buku dasar-dasar membuat blog yang banyak didapat di toko buku.
  2. Mulailah dengan membuat blog dari blogspot (dari google) karena menunya semua sudah tersedia, mudah dimengerti dan dikerjakan, dan tidak ditarik biaya.
  3. Untuk membuat blogspot, anda harus punya account di google yang bisa anda buat sebagai alamat email di google (xxxx@gmail.com atau bisa juga menggunakan alamat email yahoo ; dalam hal ini disarankan menggunakan alamat email google karena tidak sedikit program bisnis online yang mensyaratkannya).
  4. Pelajari aturan main yang disyaratkan oleh google dalam blogger.com secara cermat (blog saya ada yang dihapus gara-gara pengetahuan saya yang kurang mengenai aturan tersebut!).
  5. Tentukan topik utama blog anda. Dalam hal ini pikirkan, informasi tentang apa yang paling anda kuasai.Apabila anda sudah mempunyai produk, contoh sederhana misalnya kerudung, maka anda sebaiknya memilih topik fashion untuk blog anda. Topik lainnya bisa dijadikan selingan / sisipan.
  6. Pelajari tentang pengertian domain dan keyword. Untuk ini, anda dapat mempelajarinya lewat Wikipedia.org (situs encyclopedia, tersedia dalam versi internatonal dan indonesia) atau anda bisa belajar lewat kursus gratis Asian Brain.
  7. Mulailah belajar posting artikel.
Apalagi yang harus dijalankan sebagai permulaan ? Rajin-rajinlah membuat catatan setiap langkah yang dikerjakan sedetail mungkin dan sistematis dalam buku khusus yang kelak bisa dijadikan buku pintar pribadi.

Untuk sementara poin-poin di atas saya rasa cukup untuk memulai. Selamat mencoba, tetapkan hati, konsentrasi, tanamkan niat yang kuat, jangan mudah menyerah. Tanamkan pula niat yang kuat, bahwa bila belum menghasilkan uang, paling tidak artikel kita bisa dimanfaatkan orang lain untuk kebaikan.

Insya Allah langkah selanjutnya dalam posting berikutnya.

( kata yang bergaris bawah menunjukkan tautan / link, anda bisa klik kata tersebut untuk membuka tautan, atau dengan cara klik kanan dan "open link in new tab")
.

    2 komentar:

    tipscintadankecantikan.blogspot mengatakan...

    kyk pengalamanku tuh..

    Unknown mengatakan...

    bukan hanya kita yang punya pengalaman begitu, Joko Susilo sendiri pun mengalaminya. Tetap semangat.

    Beautiful Animals