Kamis, 11 Februari 2010

Nama Domain dan Judul Artikel

Memilih Nama Domain

Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama serverkomputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Memilih nama untuk website atau blog bisa diibaratkan sebagai nama perusahaan atau nama toko. Pemberian nama sebaiknya mencirikan topik utama dari website atau blog. Misalnya menggunakan kata "news" atau "warta" atau "info" untuk topik utama berita atau informasi, "eco" untuk masalah ekonomi, dan seterusnya. 

Kenapa kita harus memilih nama yang baik / sesuai ? Seperti toko juga, kita mengharapkan orang akan tertarik "masuk" ke toko kita karena merasa yakin apa yang mereka butuhkan ada di dalamnya. Ingat bahwa sebagian besar pengguna menggunakan bantuan search engine seperti google untuk mencari apa yang mereka butuhkan dari internet dan mereka akan mengetikkan sebuah kata kedalam kota search / pencarian. Jadi mereka akan secara acak mencari, kemudian meneliti satu persatu "toko" yang ada dalam daftar dan "masuk" atau membuka "toko" yang menurut mereka menarik (saya yakin semua orang melakukan hal ini yang dalam dunia internet dikenal dengan "surfing"). Hal yang kedua adalah kita bisa berharap orang akan cepat akrab/ingat dengan nama tersebut sehingga suatu saat dia akan langsung mencari berdasarkan nama website / blog kita.

"Walaupun misalnya anda tidak berniat untuk berbisnis lewat blog anda, saya kira anda sepakat bahwa yang anda tulis dimaksudkan untuk dibaca banyak orang agar anda juga menerima "manfaat" darinya. Bagaimana anda yakin blog anda akan dikunjungi banyak pembaca kalau namanya saja tidak menarik ?"

Saya belumlah menjadi ahli dalam hal ini, tapi coba perhatikan blog saya ini dalam google search.
Untuk kata e-cornermarket, di google terdapat 113.000 kata dan blog saya ada pada urutan ke-17 dalam daftar pencarian. Artinya "saingan" saya dalam kata itu hanya 113.000, jadi kemungkinan orang untuk mendapatkan blog saya cukup besar.

Coba perhatikan lagi hal yang sama dengan menggunakan kata e-corner.
 
Kata e-corner dalam google terdapat sebanyak 125.000.000 kata yang terkait dalam situs terdaftar. Untuk kata tersebut, berarti saingan saya sangat besar. Tapi, blog saya tampil di halaman pertama (urutan ke-5). Aneh juga kan atas 2 perbedaan di atas ? Saya juga sama herannya dengan anda.

Bagaimana dengan judul artikel ?

Sama halnya dengan penjelasan tentang domain / judul blog di atas, pemilihan kata dalam judul artikel sangat berpengaruh terhadap "kemudahan" orang untuk menemukan artikel kita di google search. Dalam istilah internet marketing, kata ini disebut dengan keywords / kata kunci. Secara teknik penulisan artikel, kata kunci ini selain dicantumkan dalam judul, juga dicantumkan dalam konten artikel itu sendiri. Banyak orang "menyisipkan" kata kunci tertentu yang punya nilai tinggi (trend) untuk "mengelabui" google agar artikel kita bisa muncul di halaman pertama google search, padahal kata tersebut kurang berhubungan dengan tulisannya. Teknik tentang pemanfaatan keywords ini dikenal pula dengan istilah SEO (Serach Engine Optimatizer).


Apa itu keywords ? Anda bisa mempelajarinya langsung dengan program bantu di Google Keywords (silahkan klik). Secara teknis, kata kunci tidaklah berdiri sendiri, dia berkaitan dengan kata lainnya dan saling mendukung di dalam google search sebagai dasar penilaian google untuk menentukan artikel kita "pantasnya" diberi rangking berapa atau dimunculkan di halaman berapa. Silahkan saja masukkan sebuah kata dalam program di atas, anda akan melihat banyak kata dimunculkan oleh mesin itu yang artinya adalah daftar kata yang berkaitan dengan kata kunci tersebut.


Agar anda tidak bingung, cukuplah untuk sementara ini mengerti bahwa keywords digunakan sebagai kriteria google dalam menentukan rangking. Anda disarankan menggunakan sebuah kata yang punya nilai pencarian tinggi untuk disisipkan dalam artikel yang anda tulis. Misalnya tadi, kata e-corner atau ecorner atau e'corner (google membacanya sebagai kata yang sama), terdapat dalam 125.000.000 website, blog, artikel, atau iklan yang terdaftar pada google, hal ini dapat juga diartikan sebagai banyaknya orang yang mengklik kata ini dalam google search.


Banyak sekali teori mengenai keywords ini dan perlu waktu yang sangat panjang untuk mempelajarinya secara baik. Seorang internet marketer yang menguasai penggunaan keywords dengan baik akan menguasai search engine.

Mengenai domain dan keywords ini anda dapat mempelajarinya lewat kuursus gratis AsianBrain.com.


Saran saya, dalam menulis artikel sedapat mungkin menggunakan kata yang trendy dalam google dan sedapat mungkin juga menggunakan kata yang sesuai dengan domain anda agar saling memperkuat dalam penilaian google (paling tidak inilah yang saya pahami sementara ini). Atau apabila akan menulis topik lainnya, usahakan kata dalam judul tercantum pula dalam konten tulisan dan menyisipkan beberapa kata yang trendy yang sesuai. Silahkan cermati kata yang ditebalkan dalam pencarian di google.

Mengenai teknik penulisan artikel, banyak situs atau blog yang membahas hal ini. Akan saya coba membuat tulisan khusus mengenai hal ini dalam postingan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Beautiful Animals