Minggu, 08 November 2009

Mari Berbagi Dengan Blog

Dalam perkembangan dunia informatika seperti sekarang ini, akses internet sudah merambah setiap lapisan masyarakat. Dari orang kota sampai masyarakat petani, dari anak TK sampai Professor, sudah banyak yang tidak asing dengan yang namanya internet. Apa yang mereka cari di internet ? tentu saja yang paling utama adalah informasi. Informasi apa saja, termasuk sekedar melihat-lihat gambar atau tayangan video. Sebagai hiburan, golongan anak-anak biasanya mencari game online yang dapat diakses secara gratis dengan pilihan yang "hampir tak terbatas". Internet juga sudah mulai digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa sekolah melalui pencarian bahan-bahan tugas sekolah. Bagi ibu-ibu, biasanya mereka mencari informasi gosip, fashion, atau resep masakan. Bapak-bapak ?

Banyak juga para pengguna internet yang memanfaatkannya untuk berbagi informasi, seperti informasi kesehatan, lingkungan, pertanian, atau science dan teknologi, atau sekedar pengalaman pribadi. Informasi tersebut disampaikan melalui internet dalam bentuk file pdf yang diconvert dalam bentuk file HTML atau XHTML (web page), blog (web log), ataupun website. Apa motivasi mereka berbagi informasi melalui internet ? Ada yang sekedar berbagi dengan harapan dapat membantu orang lain yang membacanya, ada yang menggunakannya sebagai media penyampaian isi hatinya, media promosi, atau yang sedang trend sekarang adalah sebagai alat berbagi informasi sekaligus menambah penghasilan bahkan menjadikannya sebagai profesi.


Berapa jumlah pengguna internet di Indonesia ? Dari sekitar 1,5 milyar pengguna internet di Asia, 20%-nya berasal dari Indonesia, yaitu sebanyak sekitar 30 juta pengguna pada akhir 2008. Walaupun baru 13% dari jumlah penduduk, pengguna internet di Indonesia cenderung meningkat tajam dari tahun ke tahun. Lihat saja jumlah pengikut facebook Indonesia, tahun 2009 ini telah melebihi angka 3 juta orang !

Berapa jumlah blog di Indonesia ? Terdata sebanyak 6 juta lebih blog yang aktif dari sekitar 9,4 juta blog yang terdaftar dan sebanyak 69% merupakan blog pribadi. Website ? Sayangnya angka jumlah website di Indonesia masih simpang siur, yang jelas di dunia terdapat sekitar 240 juta website dan perkembangan satu tahun terakhir mencapai penambahan 54 juta situs !. Jelas sudah, dunia internet semakin digemari.

Blog ? Bagi penikmat dunia internet, blog inilah yang paling mudah dimiliki. Makanya, dari sekian juta blog yang ada, blog pribadi (bukan blog perusahaan) sangat dominan. Melalui blog seseorang dapat dengan mudah menuangkan isi hatinya atau pikirannya tanpa takut diprotes ataupun dicela. Seorang ibu rumah tangga dapat mengumpulkan resep rahasianya dalam blog, begitu pula kesan dari pengalaman mendidik anak. Seorang siswa dapat menuangkan kesan pengalamannya dalam pergaulan di sekolah atau di lingkungannya bermain. Begitu juga seorang manajer, pegawai, TKI, petani, peneliti, dosen, dan seterusnya.

Seperti telah disebutkan di atas, dengan blog, banyak manfaat yang bisa kita bagikan pada orang lain yang "kebetulan" membaca tulisan atau informasi dalam blog kita.

Mungkin masih banyak orang yang menganggap bahwa membuat blog itu sulit. Dulu mungkin seperti itu, dimana bahasa komputer masih memerlukan kode yang rumit. Sekarang, semua serba instan. Membuat blog cukup registrasi nama dan alamat email di google (sign up) kita sudah dapat membuat blog sederhana melalui Google blog. Cukup sign in di google lantas pilih "buat blog "dan ikuti petunjuk selanjutnya. Semua menu standar tersedia dalam bentuk yang mudah dimengerti. Semua gratis !

Lantas, apakah cukup hanya menuangkan tulisan saja ? Ternyata blog dapat dikelola hingga menghasilkan uang dalam jumlah yang tidak terbatas. Lihat saja data mengenai "Blogger" terkemuka dunia. Mereka sudah berhasil memperoleh jutaan dollar melalui blog ! Di Indonesia saja sudah banyak blogger professional yang punya penghasilan puluhan juta rupiah perbulan. Sebut saja Anne Ahira dan Joko Susilo, masih muda sudah memiliki kekayaan milyaran rupiah. Bagaimana mereka menemukan cara yang spektakuler melalaui dunia internet ? Yang jelas, mereka telah bekerja keras pada awalnya dan sekarang tinggal menikmati hasilnya. Bahkan Anne Ahira yang masih sendirian (?) bisa menyalurkan hobinya berpetualang ke berbagai tempat di luar negeri. Sekarang mereka berdua termasuk orang-orang yang selalu didengar pendapatnya mengenai internet bisnis dan motivasi kerja. DENGAN MUDAH MEREKA MEMBAGI BUAH PIKIRANNYA PADA BANYAK ORANG SEHINGGA SECARA TIDAK LANGSUNG MEREKA IKUT MEMBUKAKAN JALAN USAHA BAGI ORANG LAIN.


Catatan :
Banyak tips dan trik yang diperlukan agar blog yang kita kelola dapat ditemukan dan dibaca banyak pengguna internet. Apabila ingin menjadi blogger profesional, belajar banyak hal mengenai pengelolaan blog (bukan hanya membuat tulisan belaka) merupakan kunci utama. Pada dasarnya, kesuksesan seseorang tergantung seberapa ulet orang tersebut mau belajar sesuatu yang diperlukannya. Tertarik ? Silahkan belajar melalui PEDOMAN BLOGGING PROFESIONAL INI (klik disini).



Tidak ada komentar:

Beautiful Animals