Senin, 12 Oktober 2009

MEMBERSIHKAN HATI (1) ; cuplikan dari "Jalan Mudah Menggapai Hidayah" - Al Imam Al Ghazali - Pustaka Hidayah

Allah SWT berfirman : "Sesungguhnya beruntunglah orang yang membersihkan diri" (QS 87 : 14), "Sesungguhnya beruntunglah orang yang menyucikan jiwa itu: (QS 91 : 9). Rasulullah SAW bersabda :"Kebersihan itu sebagian dari iman". Pahamilah bahwa kesempurnaan iman adalah dengan menyucikan hati dari segala yang tidak disukai Allah Azza wa Jalla dan menghiasinya dengan yang disukai Allah. Maka, penyucian itu bagian dari iman.



Bagaimana kita dapat menyucikan hati dan jiwa kita dari hal tercela yang tidak disukai Allah kalau kita tidak paham perbuatan tercela apa saja yang tidak disukaiNya ? Inilah yang dirangkumkan Al Imam Al-Ghazali sebagai 10 perbuatan tercela yang tidak disukai Allah SWT :


1. Rakus Makan
2. Keserakahan Bicara
3. Marah
4. Dengki
5. Kikir dan Cinta Harta
6. Ambisi dan Cinta Kedudukan
7. Cinta Dunia
8. Sombong
9. Bangga Diri
10. Riya

Semoga Allah SWT menghindarkan ke-10 perbuatan tercela tersebut dari hati dan jiwa kita semua.
Dan Insya Allah, setiap habis saya membaca bab dari buku tersebut, akan saya buat rangkuman sebagai lanjutan catatan ini.
..........................
................................................................................

Catatan :
Dengan keikhlasan pihak penerbit, penerjemah, dan penulis buku ini sendiri, mohon diijinkan untuk menukilkan beberapa hal yang penting untuk di syi'arkan pada teman-temanku dan saudara-saudaraku.

Tidak ada komentar:

Beautiful Animals