Jumat, 26 Maret 2010

Spam Blog - Bikin Blog Dihapus

Sudah kedua kalinya Blog saya dihapus oleh google. Tentu saja ini bukanlah karena kesalahan yang disengaja, akan tetapi leih kepada ketidaktahuan saya mengenai aturan main blogger. Apa penilaian google terhadap blog saya yang dihapus ? Ternyata kesalahan terdapat pada posting. Google menilai saya melakukan spamming. Apa itu ?

Yang pertama, saya melakukan posting sebanyak 5 postingan dalam 1 hari dengan tema yang sama. Postingan saya mengandung alamat url rujukan yang sama. Google menilai saya melakukan spamming dengan mengarahkan pembaca ke alamat URL tertentu. Menurut beberapa artikel yang saya baca, google baru akan mengklasifikasikan spamming bila kita mengarahkan pembaca posting kita pada satu alamat yang sama sebanyak 4 kali. Menurut keterangan tersebut, kita hanya bisa melakukan posting sebanyak 4 artikel dalam 1 hari, bahkan disarankan hanya 3 artikel saja. Selain itu tidak boleh melakukan pengarahan pembaca pada sebuah url yang sama sebanyak 4 kali atau lebih.

Kejadian kedua, saya melakukan posting artikel dengan tema yang sama. Kalau tidak salah, artikel itu memang berseri dan saya sudah posting sebanyak 7 artikel. Beberapa postingan memang saya arahkan pada alamat sumber yang sama dengan maksud memberi tahu pembaca bahwa artikel tersebut berasal dari website lain. Ketujuh artikel tersebut saya posting kira-kira dalam kurun 2 minggu. Ternyata saya kembali dianggap melakukan spamming dan blog tersebut dihapus oleh google.

Untuk keduanya saya sudah bermohon pada google untuk dipulihkan, akan tetapi sampai sekarang blog terebut tetap hilang dari peredaran. Pada kejadian kedua, pada awalnya semua account saya di google tidak dapat diaktifkan. Dengan sedikit kesabaran, saya melakukan claim agar account saya dikembalikan. 24 jam kemudian account google saya dipulihkan termasuk 2 blog yang memang tidak mengandung spam. Akan tetapi blog yang terdapat spamnya tetap di blokir.

Mudah-mudahan pengalaman ini tidak terjadi pada rekan-rekan blogger lainnya. Pelajari dengan seksama mengenai spam blog ini melalui artikel-artikel tentang spam atau langsung melalui term dari blogger. Semoga bermanfaat.
.

Tidak ada komentar:

Beautiful Animals