Minggu, 14 Februari 2010

Menulis Artikel di Blog

Menulis artikel merupakan syarat utama bagi penilaian sebuah blog. Frekuensi posting penulisan mempunyai nilai tersendiri, sehingga sebuah blog dapat memiliki banyak pengunjung setia. Akan tetapi, diluar itu sebagai artikel bebas, ia berfungsi sebagai penentu peringkat blog secara keseluruhan. Masing-masing search engine (misalnya Google, Yahoo, atau Alexa), mempunyai karakteristik penilaian tersendiri pada sebuah artikel yag dipublikasikan. Yang jelas, sebuah tulisan yang dikunjungi banyak pengguna internet sudah pasti merupakan tulisan yang baik dan dibutuhkan. Artikel yang bagus, dengan sukarela akan disebarkan oleh seorang pembaca pada temannya.

Ada beberapa petunjuk penulisan artikel yang dipublikasikan oleh banyak situs, terutama yang dikelola oleh para internet marketer. Silahkan simak pedoman yang terdapat dalam Wikipedia Indonesia.

Dalam menulis artikel pada blog, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah :
  1. Topik merupakan sub topik dari topik utama blog tersebut yang dipandang sebagai topik trend saat ini atau yang nilai manfaatnya besar bagi kebanyakn pembaca.
  2. Tulislah sesuatu untuk dinikmati orang lain, tulisan yang dipublikasikan adalah tulisan yang ditujukan untuk banyak orang.
  3. Gunakan bahasa yang ringkas namun mudah dimengerti oleh kebanyakan pembaca.
  4. Apabila tulisan anda merupakan sebuah opini dari anda sendiri, gunakan beberapa referensi yang menunjang pendapat anda agar pembaca dapat menerimanya dengan baik.
Berdasarkan sumbernya, artikel dapat berupa :
  1. Opini pribadi (seperti yang telah dijelaskan di atas)
  2. Opini orang lain yang berasal dari blog atau website lain atau media massa, dengan sedikit ulasan ringkas dari buah pikiran kita sendiri (semacam komentar).
  3. Rangkuman dari beberapa artikel sejenis yang saling melengkapi.
  4. Ringkasan, dari buku atau artikel.
  5. Resensi buku atau filem.
  6. Pengetahuan atau pengalaman pribadi.
Jadi, bukan merupakan keharusan bahwa artikel yang akan kita muat dalam blog merupakan tulisan asli kita sendiri. Akan tetapi, secara etika penulisan, seyogyanya sumbr tulisan dicantumkan dengan jelas (atau jika mengutip dari artikel blog lain, link alamat blognya dicantumkan - perhatikan tulisan "Wikipedia Indonesia" di atas, warna yang berbeda dengan garis bawah menunjukkan kata tersebut tertaut pada suatu alamat situs, yaitu www. id.wikipedia.org).

Secara teknis, agar artikel mudah dilacak dengan search engine, sedapat mungkin gunakan teknik menggunakan keyword atau kata kunci yang paling banyak dicari pengguna internet. (lihat artikel sebelumnya : Nama Domain dan Judul Artikel). Apabila kita pandang bahwa sebuah kata atau frase sangat penting untuk dijelaskan secara detail, gunakan teknik link untuk menyingkatnya, seperti pada "Wikipedia Indonesia" dan "Nama Domain dan Judul Artikel" di atas. Dengan demikian, pembaca diberi kepuasan atas kelengkapan dari tulisan kita. (teknik tautan ini juga mendapatkan nilai tersendiri bagi search engine untuk menentukan peringkat sebuah artikel dalam kumpulan tema/keywords serupa). Beberapa blog malah menggunakan teknik link ini secara murni, artinya dia hanya menuliskan beberapa kalimat pengantar sebagai keterangan ringkas dan kemudian menyilahkan pembaca untuk mengklik tautan artikel aslinya yang kebanyakan adalah artikel blog milik orang lain. Dengan cara ini, frekuensi blogger tersebut dalam melakukan posting sangat tinggi. Hal ini sah-sah saja selama mengikuti ketentuan-ketentuan yang disyaratkan oleh google. Perhatikan "Persyaratan Layanan" dan "Ketentuan Konten" dari Blogger.

Jangan lupa untuk mencantumkan label pada kolom label di kanan bawah kotak posting. Labelisasi adalah tema atau subtema utama/penting dari tulisan. Misalnya tema utamanya adalah "Artikel", dan subtemanya adalah "Teknik Penulisan", "Sumber Tulisan", dan atau "keywords". Label ini juga berfungsi sebagai keywords pada sebuah artikel blog dan menjadi kata kunci yang sering diketikkan dalam kotak pencarian search engine. Label ini dapat ditampilkan pada halaman blog sebagai gadget daftar label (label berarti topik).
.

Tidak ada komentar:

Beautiful Animals